Cara untuk Diet Rendah Kolesterol yang Tepat
Kesehatan

4 Cara untuk Diet Rendah Kolesterol yang Tepat

Memiliki kolesterol tinggi membuat banyak orang merasa resah karena tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan lagi. Namun, hal ini memang perlu demi menjaga kesehatan. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Caranya adalah dengan diet rendah kolesterol. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Diet Mediterania

Diet rendah kolesterol pertama yang bisa Anda lakukan adalah diet mediterania.  Ini adalah sebuah diet yang banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal dengan laut mediterania. Adapun diet yang digunakan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, daging tanpa lemak, ikan, sayuran, biji-bijian, dan minyak zaitun.

Lebih menariknya lagi, sudah banyak dokter yang menggunakan jenis diet ini pada mereka penderita kolesterol darah tinggi. Diet ini juga bukan merupakan diet tren, namun hanya memilih menu makanan yang fleksibel dengan takaran yang tepat dan rasa yang enak.

  • TLC (Therapeutic Lifestyle Changes)

Bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu jenis diet yang masuk dalam kategori terapi yakni diet, olahraga dan kontrol berat badan. Kombinasi ketiga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penurunan kadar kolesterol dalam tubuh hingga 30 persen.

Untuk menjalani diet ini, maka Anda harus rela untuk mengucapkan selamat tinggal pada makanan yang berlemak jenuh. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati makanan yang lezat lagi. Anda bisa menggantinya dengan makanan rendah lemak yang tetap enak.

  • DASH Diet

Ini adalah salah satu jenis diet yang sudah mendapatkan sertifikasi dari American Heart Association dan terbukti bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini adalah salah satu jenis diet yang dapat bekerja dengan cepat lho.

Bahkan, Anda sudah bisa mendapatkan hasil diet ini hanya dalam waktu dua minggu saja. Adapun dalam pelaksanaan diet ini, Anda hanya perlu mengonsumsi makanan seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan makanan lain yang mengandung serat dan nutrisi lainnya.

Selain itu, Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan yang berprotein tanpa lemak. Makanan ini bisa Anda dapatkan dari ikan, susu rendah lemak dan juga kacang-kacangan.

  • Mayo Clinic Diet

Jenis diet selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Mayo Clinic Diet. Ini adalah sebuah diet yang lebih mengedepankan mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti oat. Dalam hal ini, Anda juga harus mengombiansikannya dengan makanan yang tinggi dengan omega 3 seperti almond dan walnut untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Dengan menerapkan diet rendah kolesterol di atas, maka Anda bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah lebih mudah.  Pada dasarnya, setiap diet yang direkomendasikan di atas mengharuskan penderita kolesterol untuk menjaga pola makan dengan menggunakan makanan yang rendah lemak dan lebih sehat. Hanya saja metodenya yang berbeda yang membuat diet ini juga terlihat berbeda.