Manfaat Olahraga bagi Anak-Anak
Lifestyle

Optimalkan Tumbuh Kembangnya, Ini 5 Manfaat Olahraga bagi Anak-Anak

Tak hanya orang dewasa yang butuh olahraga, anak-anak pun juga membutuhkan hal yang sama. Tentu saja, olahraga yang dilakukan oleh anak terbilang ringan, serta itupun sebaiknya dikemas dalam bentuk permainan agar anak merasa enjoy saat melakukannya. Bagi orang tua yang masih ragu mengajak anak berolahraga, baiknya simak 5 manfaat olahraga bagi anak-anak berikut ini.

  • Mendukung Tumbuh Kembang Motorik Anak

Manfaat utama dari olahraga yang dilakukan oleh anak Anda, tentu saja untuk merangsang tumbuh kembang saraf motoriknya. Baik komponen fisik maupun komponen gerak anak akan bisa berkembang secara optimal, dengan anak melakukan olahraga. Pertumbuhan tulangnya akan berlangsung secara optimal, begitu pun dengan pertumbuhan otot-otot dalam tubuhnya.

  • Melatih Kelincahan dan Kelenturan Tubuh Anak

Dengan membiasakan anak untuk berolahraga, maka akan bisa melatih kelincahan dan kelenturan tubuh anak Anda. Tubuh anak yang aktif bergerak dan berolahraga akan terasa lebih ringan, sehingga ia akan lincah bergerak dan tak terasa kaku. Eksplorasi khas dunia anak akan mudah ia lakukan, dengan tubuh yang ringan dan lincah saat bergerak tersebut.

  • Meningkatkan Ketahanan Fisik Anak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, olahraga akan membuat tumbuh kembang tulang dan otot anak menjadi optimal. Dengan begini, fisik anak menjadi prima dan mendukung gerak aktifnya saat bermain dengan teman-temannya. Anak tak akan mudah jatuh sakit, hanya karena melakukan aktivitas fisik seperti berlari, melompat, atau pun bergulingan.

  • Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Olahraga yang dilakukan oleh anak, akan bisa meningkatkan nafsu makan anak Anda. Mengapa demikian? Alasannya karena berkurangnya energi tubuh anak, setelah ia melakukan olahraga. Tubuh yang kekurangan energi umumnya akan memiliki nafsu makan yang relatif lebih tinggi dibanding kondisi biasanya.

  • Menghindarkan Anak dari Risiko Obesitas

Obesitas tak hanya dialami orang dewasa saja, loh! Bibit-bibit yang memicu obesitas bisa dibawa sedari dini, oleh karena itu diperlukan olahraga untuk menjaga berat badan anak tetap ideal. Walau begini, bukan berarti Anda memaksakan anak untuk wajib berolahraga setiap hari, ya. Kemas olahraga dalam bentuk permainan, sehingga ia nyaman melakukannya dan tubuhnya pun tetap fit.

  • Melatih Daya Konsentrasi Anak

Olahraga yang dilakukan oleh anak juga bisa membantu untuk melatih daya konsentrasinya, loh! Misalkan saja olahraga yang dilakukan oleh anak berupa senam. Seperti yang Anda ketahui, senam terdiri atas beragam gerakan yang dilakukan secara berurutan. Nah, saat melakukan senam, anak secara tak langsung akan dilatih konsentrasinya dalam mengingat urutan dan bentuk gerakan senamnya.

Jadikan banyaknya manfaat olahraga bagi anak-anak sebagai motivasi Anda untuk mengenalkan olahraga sedari dini pada si buah hati. Agar anak mau ikut serta berolahraga, Anda bisa tunjukkan dulu kepadanya bentuk olahraga yang akan dilakukannya. Selain itu, Anda bisa juga kemas olahraga dalam bentuk permainan, sehingga anak akan dengan senang hati melakukannya.